September 09, 2022

Antusias Milenial Beli Rumah di 2021 Tinggi, Waktunya Beli Rumah!

Hingga saat ini, rumah merupakan pilihan hunian favorit bagi masyarakat untuk ditinggali, tidak terbatas pada kalangan usia tertentu saja. 

Hal tersebut dibuktikan dari data di portal properti Lamudi.co.id dimana sepanjang kuartal I tahun 2021, sebanyak 70% milenial lebih tertarik membeli rumah daripada apartemen. Rentang usia milenial tersebut berkisar 25 hingga 41 tahun.

Momentum ini cocok sekali dimanfaatkan bagi milenial untuk membeli rumah. Agar membuat pilihan tepat, ada sejumlah tips yang bisa Anda terapkan, seperti :

Lakukan Perencanaan Keuangan

Menabung termasuk dalam salah satu bentuk perencanaan keuangan. Bila Anda sudah menemukan rumah impian yang didambakan, maka langkah berikutnya adalah menyisihkan pendapatan. Sebaiknya, sisihkan 10% - 20% dari penghasilan, atau Anda dapat melakukan investasi yang rendah resiko seperti logam mulia, reksa dana dan emas. 

Pilih Rumah dengan Biaya DP Ringan Atau Dapat Dicicil

DP (Down Payment) atau uang muka merupakan sebuah langkah awal dari pembelian properti, tidak terkecuali rumah. Membayar DP dapat membantu Anda bisa melunasi pembayaran dengan lebih cepat. Jumlah uang muka pembelian rumah yang tidak terlampau besar atau dapat dicicil merupakan salah satu tips yang cocok bagi milenial. Carilah pengembang yang melakukan promo rumah DP ringan atau bisa dicicil. Dengan demikian, Anda tidak perlu mengeluarkan uang dengan jumlah besar dalam satu waktu. 

Buat Rekening Khusus untuk Menabung Biaya DP Rumah

Inilah tips beli rumah untuk milenial yang tidak kalah penting, yaitu pembuatan rekening khusus. Tujuannya agar pengeluaran dan pemasukan uang tidak bercampur dengan berbagai keperluan lain. Terlebih, bila Anda menabung bersama pasangan, rekening baru ini dapat menjadi ‘wadah’ untuk alokasi uang tabungan bersama. 

Pilih Tenor KPR Jangka Panjang

Bagi Anda yang baru pertama kali membeli rumah, jangan bingung bila menemui istilah tenor. Jangka waktu atau lamanya angsuran kredit rumah yang diajukan ialah yang disebut dengan tenor. Bisa dalam hitungan tahun saja bahkan hingga 10 atau 20 tahun. Untuk menentukan lamanya tenor KPR. Bank memiliki beberapa pertimbangan seperti misalnya jumlah pemasukan nasabah setiap bulan.

Baca Juga: Bandara Terbaik di Indonesia, Cek Nomor 3!

Lihat Brosur

Isi detail kontak di sini agar kami bisa mengirimkan info ekslusif untuk Anda.
Contact Agent