March 03, 2020

Langkah-langkah Merawat Area Mezzanine dalam Hunian

Seperti yang kita ketahui, perumahan Somerhill House dirancang dengan arsitektur bangunan dengan tata ruang yang berbeda jika dibanding berbagai perumahan di sekitarnya. Dirancang dengan konsep hunian compact, keunikan dari perumahan Somerhill House terlihat dari pengembangan area mezzanine pada bagian dalam bangunan.

Mezzanine pada perumahan Somerhill House sendiri merupakan area ekstensi yang dibangun di antara lantai dasar dan plafon untuk berbagai macam fungsi (multifungsi). Selain multifungsi, tata ruang mezzanine juga inovatif dan ngehype.

Memiliki area mezzanine seperti pada perumahan Somerhill House pada dasarnya adalah sebuah tantangan tersendiri. Hal ini berkenaan cara perawatannya yang sangat berbeda dibanding lantai permanen pada hunian bertingkat. Faktanya, perlu diadakan perlakuan khusus dalam merawat area tersebut.

Bagi Anda yang belum mengetahui cara merawatnya, Anda dapat mengikuti beberapa langkah-langkah di bawah ini untuk merawat area mezzanine;

 

Jangan Tempatkan Beban Terlalu Berat

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, area mezzanine merupakan lantai yang bersifat portabel dengan menggunakan material-material non semen seperti lantai permanen. Oleh karena itu, jangan menganggap seakan-akan daya tahannya sama seperti lantai permanen.

Sekalipun Anda memfungsikannya sebagai gudang, melalui pemahaman ini, ada baiknya Anda tidak menempatkan barang-barang berat atau dengan kuantitas yang terlalu banyak. Hal ini guna mencegah pengurangan daya tahan struktur yang mungkin saja akan berdampak kepada robohnya area ke bagian dasar.

 

Satu Fungsi

Meskipun area mezzanine memang dikembangkan sebagai ruang ekstensi dengan beragam fungsi (multifungsi), Anda sangat disarankan untuk memfokuskan area tersebut ke dalam satu buah fungsi saja. Apakah itu gudang saja, ruang ibadah saja, tempat bekerja saja , atau yang lainnya.

Selain meminimalisasikan penempatan barang yang tidak pada tempatnya supaya tidak overweight dan terasa sesak, pemfokusan satu fungsi juga membuat area tersebut terlihat baik secara visual. Perlu Anda ingat, area mezzanine merupakan bagian dari arsitektur minimalis, yang mana salah satu prinsipnya adalah terkait efisiensi penempatan barang agar terlihat lega.

 

Bersihkan Berkala

Mezzanine pada hakikatnya adalah ruang pada hunian. Oleh karena itu, Anda sebagai pemilik ruang tersebut harus memperlakukan area tersebut selayaknya area-area permanen seperti kamar dan dapur pada hunian yang ditempati. Selain lantai dan furnitur yang terdapat disana, bersihkan juga bagian plafonnya guna meminimalisasi pertumbuhan jamur dan debu yang menempel.

 

Cek Struktur

Langkah ini pada dasarnya tidak perlu dilakukan secara rutin, Anda dapat melakukannya secara periodikal. Beberapa struktur penting yang harus dicek yakni lantai dan plafon bawah. Jika melihat plafon bawah retak atau membengkak (cembung ke bawah), ada baiknya untuk langsung melakukan renovasi minor pada area tersebut.

Lihat Brosur

Isi detail kontak di sini agar kami bisa mengirimkan info ekslusif untuk Anda.
Contact Agent